Minggu, 29 Juli 2018

Virtual Rehab

Virtual Rehab
Awal tahun ini saya memiliki kesempatan unik untuk menjelajahi bangkai kapal bawah air. Ketika saya berjalan di sekitar dek kayu saya melihat berbagai makhluk laut yang menghuni bagian-bagian kapal jelas tidak pernah dimaksudkan untuk tujuan tersebut. Yang membuatku takjub, aku bahkan menemukan apa yang tampak sebagai peti hiasan - mungkin peti harta karun? - Saya tidak akan pernah tahu, karena apa yang saya lihat selanjutnya memerintahkan perhatian saya yang tak terbagi. Seekor paus biru besar muncul dari kegelapan yang berdekatan dan berteriak ketika berenang nyaris menutup - siripnya hampir memotong kepalaku.
Pada titik ini Anda mungkin berkata kepada diri sendiri "kisah ini tidak mungkin nyata." Nah, secara teknis Anda benar - tetapi bagi saya itu hampir terjadi. Apa yang saya jelaskan adalah pengalaman pertama saya dengan virtual reality yang imersif (Virtual Rehab). Setelah memasang layar dan earphone yang terpasang di kepala, saya merasa sepenuhnya tenggelam dalam lingkungan audio-visual 360 derajat. Itu benar-benar membuat saya merinding saat itu dan melakukannya bahkan sekarang ketika mengingat pengalaman itu. Segera saya mulai membayangkan berbagai cara teknologi ini bisa diterapkan.
Hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah bahwa Virtual Rehab dapat mengangkut pasien dengan masa inap di rumah sakit yang panjang dan ramalan yang mengubah kehidupan ke pulau tropis, atau terbang melintasi langit seperti Super Man sebagai sarana pengalihan. Pikiran saya berikutnya adalah betapa menariknya menggunakan teknologi mutakhir ini sebagai alat untuk rehabilitasi.
Vourvopoulus dan Bermúdez I Badia menerbitkan artikel di Journal of NeuroEngineering and Rehabilitation pada bulan Agustus tahun ini tentang penggunaan Virtual Rehab sebagai sarana untuk merangsang jaringan sensorik-motorik di otak. Para peserta mengenakan layar yang dipasang di kepala dan earphone. Mereka melihat tangan virtual memutar engkol yang perlahan membuka pintu garasi. Sementara itu mereka mendengar suara sistem rantai katrol dan pergerakan pintu besi besar. Peserta kemudian diinstruksikan untuk menggunakan citra mental (yaitu, membayangkan mereka melakukan tindakan tanpa melakukannya secara fisik) saat mengalami lingkungan Virtual Rehab. Para peserta yang sama kemudian diminta untuk menggunakan citra mental dari tugas motor di atas tanpa menggunakan Virtual Rehab. EEG dicatat secara keseluruhan untuk mengukur aktivitas listrik di korteks sensorik dan motorik.
Mereka menemukan bahwa Virtual Rehab, di samping citra mental, menghasilkan pola otak yang lebih mirip dengan yang hadir selama eksekusi motor yang jelas. Karena citra motor sebelumnya telah ditunjukkan untuk membantu mengembalikan gerakan aktif melalui rangsangan jaringan sensorik-motorik [2], hasil dari studi di atas menunjukkan bahwa penambahan Virtual Rehab mungkin dapat melakukannya dengan lebih efektif mengingat bahwa kombinasi tersebut dapat menambah aktivitas listrik di daerah yang sama dari otak [3]. Yakni, stimulasi berulang dari jaringan motorik sensorik otak memiliki potensi untuk menginduksi perubahan neuroplastik sehingga pasien dapat kembali berfungsi.
Aplikasi medis Virtual Rehab adalah bidang penelitian dan pengembangan yang sedang berkembang, namun pengetahuan kita tentang cara terbaik untuk menerapkan teknologi inovatif ini masih dalam tahap awal. Mengingat penelitian yang menjanjikan dan potensi besar untuk hiburan, saya percaya Virtual Rehab akan menjadi modalitas terapi yang disambut baik untuk berbagai macam pasien.
Referensi
Pengalaman yang disediakan oleh perangkat keras VR HTC Vive menjalankan demo 'theBlu: Encounter'.
García Carrasco D, Aboitiz Cantalapiedra J. Efektivitas citra motorik atau latihan mental dalam pemulihan fungsional setelah stroke: tinjauan sistematis. Neurologia. 2016 Jan-Feb; 31 (1): 43-52. doi: 10.1016 / j.nrl.2013.02.003. Epub 2013 Apr 17.
Vourvopoulos A, Bermúdez I Badia S. Motor priming dalam virtual reality dapat meningkatkan efikasi latihan motor-imagery dalam interaksi otak-komputer restoratif: analisis dalam-subjek. J Neuroeng Rehabil. 2016 9 Agustus; 13 (1): 69. doi: 10.1186 / s12984–016–0173–2.
Hyungjun Im, MD dkk. Virtual Reality-Guided Motor Imagery Meningkatkan Kemampuan Corticomotor pada Relawan Sehat dan Pasien Stroke. Ann Rehabil Med. 2016 Juni; 40 (3): 420–431. Diterbitkan online 2016 Jun 29. doi: 10.5535 / arm.2016.40.3.420.
Ana RC Donati et al. Pelatihan Jangka Panjang dengan Gait Protocol Antarmuka Otak Antarmuka Menginduksi Pemulihan Neurologis Sebagian pada Pasien Paraplegic. Sci Rep. 2016; 6: 30383. Diterbitkan online 2016 11 Agustus doi: 10.1038 / srep30383.
AppliedVR Membawa Konten Reality Virtual Terapeutik Ke Cedars-Sinai Medical Center. mHealthTimesmHealthTimes.
Untuk informasi lebih lanjut :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar